Rabu, 15 September 2010

DURI KOSAMBI

abdul rohim al-chosambie

.Mengenal sisi positif duri kosambi. 
A.    Latar belakang.
duri kosambi adalah salah satu kelurahan yang ada di ibu kota DKI Jakarta tepat nya di kecamatan cengkareng  Jakarta barat, di sini saya akan memperkenalkan sisi positif nya dari duri kosambi khusus nya pondok sambi.
            Nah kalian tau gag sich mengapa dibilang pondok sambi..????
 kata orang-orang yang lebih tua sich dulu nya pondok sambi tuch tempat mencari ilmu karna waktu itu para ‘alim ulama nya bertempat tinggal di pondok sambi salah satu nya enjit (kakek) dari abi (ayah) saya yaitu KH Muhammad najihun. Itu hanya salah satu dari sekian.
B.     Yang perlu anda ketahui di pondok sambi.
1.      Para ‘alim ulama di pondok sambi yang mempunyai cirri khas.

Di sini yang saya perkenalkan hanya sebagian saja atau yang saya kenal dan mereka guru saya :
-          KH abdul mubin mungkin pada saat ini dia yang tertua di pondok sambi.
-          KH mahfuzd asirun pengasuh pondok pesantren al-itqon, dalam mengajari santri nya ciih kata nya galak tapi kalo ngaji bulanan subuh menurut saya malah bercanda mulu.
l      Ust juhri ya'kub dia dalam ceramah hebat euy enggak kalah ma UJ haha,..yang saya denfer ch dia ketua NU se jakarta barat gtu ,....
-          Alm kong H komit saya memanggil nya dia itu seorang sufi, dia adalah seorang yang sifat karakternya hati-hati (waro’), dia pernah bilang seperti ini “ lebih baik saya makan dari bool ayam yang saya ternak sendiri dari pada saya makan uang kontrakan yang belum jelas dari mana asal nya.
-          Bang  jue guru yang satu ini mempunyai cirri khas nya dalam pengobatan yah meskipun enggak dengan bikin obat2 seperti layak nya seorang dokter, tapi dia hanya air putih saja yang sudah di do’akan.
-          Ust hamka yang saya perhatikan dia sangat tegas pernah suatu hari di pondok sambi pernah ada malam puncak 17 agustusan dan acara tersebut di isi dengan dua orang seorang bernyanyi yanga satu nya lagi mengiringi dengan gitar, tau enggak apa yang dia lakukan di omelin di suruh berenti acara tersebut huuh “rasaen” dah tuh malem puncak make diisi acara kaya gitu dalam hati saya ckck.
-          Ust  wakos mursahid dia masih sodara dengan saya karna masih nasab KH Muhammad najihun dia pengasuh musolah darunnafis jamaah nya kebanyakan ibu-ibu, dan setiap malam rabu dan jumat itu ada pembacaan yasin,rotib hadad,dan tahlil, nah pertama say belajar hokum-hukum syar’I dari dia dan kong mursyahid.

2.      Adat istiadat yang mesti di lestarikan.

Ini yang mesti anda-anda ketahui yang enggak di punyai oleh kampong-kampung lain yaitu tradisi silaturrahmi pada saat lebaran kalo silaturrahmi pada saat lebaran itu biasa tapi yang satu ini beda karna seminggu itu nih nama nya lebaran betawi yang ada di kelurahan duri kosambi :
-          Hari pertama yaitu ke rumah sanak saudara terdekat seperti nenek kakek dari ayah maupun ibu atau yang lebih tua.
-          Hari kedua yaitu ke rumah sodara2 yang ada di tanah koja, cantiga, dan banten
-          Hari ketiga sodara yang di kosambi, H mali dan sekitar nya disni yang apling banyak penduduk betawi nya,…
-          Hari keempat yaitu ke rumah sodara-sodara yang ada di kampung gunung, cemara, pondok randu, bojong dan kembangan.
-          Hari kelima yaitu ke rumah sodara-sodara yang ada di inter kota,raw buaya, dan pedongkelan.
-          Hari keenam yaitu ke rumah sodara-sodara yang ada di cipondoh, kresek, ketapang dan candulan juga can3…

Inilah sekilas yang ada di duri kosambi,…
Bersambung… 

1 komentar:

  1. Ass wb. Apakah anda memiliki riwayat beliau..? KH. Najihun Duri Kosambi dilahirkan pada tahun 1897 dan wafat tahun1984. Saya sedang menulis tentang tokoh-tokoh ulama Tanah Betawi sejak thun 1700-an sampai tahun 1900 awal. Saya tidak memiliki data tentang beliau. Ini untuk mengenang para ulama yang telah memakmurkan tanah Betawi dengan syiar Islam, sehingga karena jasa mereka warga Betawi asli 100 muslim. Bila anda memiliki biografi beliau tolong kirim ke alamat : mamankusmana2000@yahoo.com. wassalam

    BalasHapus